Logo Bloomberg Technoz

Harga swap mengindikasikan tiga pemangkasan 25 basis poin di tiga pertemuan kebijakan Fed yang tersisa tahun ini, turun dari sekitar empat pemangkasan yang diperkirakan pada dua hari yang lalu. 

Pergeseran ini berarti para pedagang swap tidak lagi memperkirakan pemangkasan sebesar 50 basis poin pada tahun 2024.

"Kami sekarang sekali lagi tidak memperdebatkan apakah mereka akan memangkas, tetapi berapa banyak mereka akan memangkas dan berapa kali mereka akan memangkas sebelum akhir tahun," kata Kenny Polcari di SlateStone Wealth. "Perekonomian AS tidak sedang berada di ujung tanduk--jadi tidak perlu dikatakan bahwa ekonomi AS sedang berada di ujung tanduk."

Treasury. (Dok: Bloomberg)

Di Asia, para pedagang mata uang bersiap-siap untuk potensi pergerakan yen dengan data inflasi Jepang yang akan dirilis pada Jumat. Selain itu, para investor bersiap-siap untuk potensi kejutan ketika Gubernur BOJ Ueda menghadap para anggota parlemen Jepang setelah retorika hawkish membantu memicu aksi jual besar-besaran di pasar saham global di awal bulan ini.

Rilis data lainnya di Asia termasuk produksi industri Taiwan dan inflasi Singapura. Lebih banyak data Investor mengarungi serangkaian pernyataan dari para pembuat kebijakan AS, dengan Gubernur Fed Bank of Kansas City Jeffrey Schmid mengatakan bahwa ia ingin melihat lebih banyak data sebelum mendukung pemangkasan.

Rekannya dari Boston, Susan Collins, mengatakan bahwa "langkah yang bertahap dan metodis" mungkin akan sesuai. Komentarnya digemakan oleh Gubernur Fed Philadelphia Patrick Harker dalam wawancara dengan CNBC.

"Naskahnya jelas--Fed akan melonggarkan pada September, tetapi tidak ada yang menggambarkan keinginan untuk melonggarkan 50 basis poin pada saat ini," kata Andrew Brenner di NatAlliance Securities.

Dari sisi ekonomi, angka-angka terbaru lebih merupakan "campuran." Data klaim pengangguran menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja mendingin secara bertahap--daripada melambat dengan cepat di tengah kenaikan suku bunga.

Aktivitas manufaktur AS menyusut pada laju tercepat tahun ini. Dan penjualan rumah yang sudah ada meningkat untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir.

Penurunan saham-saham AS pada Kamis termasuk penurunan 3,7% untuk Nvidia Corp yang memimpin kerugian di sektor teknologi besar. Intel Corp anjlok 6,1%, sementara saham-saham bank naik dan saham-saham energi bergabung dengan saham-saham minyak yang lebih tinggi. 

Peloton Interactive Inc melonjak 35% setelah perusahaan kebugaran ini melaporkan pendapatan yang melampaui estimasi. 

Pada komoditas, minyak mentah West Texas Intermediate naik 1,5% pada Kamis menjadi sekitar US$73 per barel. Emas stabil pada Jumat pagi setelah penurunan pada Kamis.

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • S&P 500 berjangka naik 0,1% pada pukul 7:15 pagi waktu Tokyo
  • Hang Seng berjangka turun 1%
  • S&P/ASX 200 berjangka turun 0,5%

Mata Uang

  • Bloomberg Dollar Spot Index naik 0,4%
  • Euro sedikit berubah pada US$1,1113
  • Yen Jepang sedikit berubah pada 146.20 per dolar
  • Yuan lepas pantai sedikit berubah pada 7,1453 per dolar
  • Dolar Australia sedikit berubah pada US$0,6704

Mata Uang Kripto

  • Bitcoin turun 0,2% menjadi US$60,533.85
  • Eter sedikit berubah pada US$2,624.52

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate turun 0,1% menjadi US$72,91 per barel
  • Emas spot sedikit berubah

(bbn)

No more pages