Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Anjlok, Turun 1% Lebih

Hidayat Setiaji
23 August 2024 06:30

Emas batangan. (Dok Bloomberg)
Emas batangan. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas dunia ditutup di zona merah pada perdagangan kemarin. Koreksinya pun cukup dalam, lebih dari 1%.

Pada Kamis (22/8/2024), harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 2.485,13/troy ons. Jatuh 1,1% dibandingkan hari sebelumnya dan menjadi yang terendah sejak 16 Agustus atau nyaris sepekan terakhir.

Sepertinya aksi ambil untung (profit taking) jadi latar belakang kejatuhan harga emas. Buktinya, harga sang logam mulia masih membukukan kenaikan 2,04% sepanjang pekan ini meski kemarin terkoreksi. Jadi, keuntungan yang didapat memang sudah lumayan tinggi dan investor pun ‘gatal’ untuk mencairkannya.

Harga Emas di Pasar Spot (Sumber: Bloomberg)

Selain itu, sepertinya pelaku pasar sedang menunggu pidato Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve Jerome ‘Jay’ Powell dalam acara Jackson Hole Symposium. Powell dijadwalkan berpidato pada pukul 21:00 WIB.

Investor menunggu ‘kode’ selanjutnya dari Powell seputar arah kebijakan moneter. Pasar sudah memasukkan penurunan suku bunga acuan bulan depan dalam perhitungan mereka.