Logo Bloomberg Technoz

Volume perdagangan juga terbilang tinggi, menyentuh 26,48 juta saham. Belum terlihat jelas siapa di balik transaksi ini.

Adapun harga saham AMMN ditutup bergerak menguat mencapai 300 poin atau dengan kenaikan 2,89% sejak pembukaan perdagangan di Rp10.675/saham, berdasarkan data Bloomberg, Kamis (22/8/2024).

Terburuk di Asia

IHSG menjadi yang paling ambles dari sekian Bursa Asia yang tertekan di zona merah seperti Shenzhen Comp. (China), TW Weighted Index (Taiwan), Shanghai Composite (China), CSI 300 (China), Ho Chi Minh Stock Index (Vietnam), dan Straits Times (Singapura), yang ambles masing-masing 1,07%, 0,40%, 0,27%, 0,26%, 0,10%, dan 0,01%.

Sementara Bursa Saham Asia lainnya yang melaju di zona hijau i.a Hang Seng (Hong Kong), PSEI (Filipina), NIKKEI 225 (Tokyo), KLCI (Malaysia), TOPIX (Jepang), KOSPI (Korea Selatan), dan SETI (Thailand), yang menguat masing-masing 1,44%, 0,89%, 0,68%, 0,39%, 0,25%, 0,24%, dan 0,24%.

Selain makro ekonomi dan kondisi global, sentimen yang menggerakkan IHSG kemarin datang dari situasi politik yang makin memanas. Gelombang demonstrasi bertajuk 'Darurat Indonesia' dari elemen masyarakat sipil yang terjadi di berbagai wilayah di Tanah Air, membuat parlemen menunda pengesahan RUU Pilkada. Sidang Paripurna DPR tidak memenuhi kuorum sehingga pengesahan ditunda.

"Kami juga melihat risiko politik dari Revisi UU Pilkada. Risiko yang dihadapi adalah demonstrasi bertransformasi menjadi social unrest. Namun, informasi yang tersedia belum dapat digunakan untuk menetapkan probabilitas terjadinya social unrest," mengutip riset Lionel Priyadi Fixed Income and Macro Strategist Mega Capital.

(red)

No more pages