Logo Bloomberg Technoz

Bos Intel Mundur Bertepatan dengan Buruknya Kinerja Keuangan

News
23 August 2024 06:10

Intel. (Dok: Bloomberg)
Intel. (Dok: Bloomberg)

Ian King and Jane Lanhee Lee-Bloomberg News

Bloomberg, Lip-Bu Tan, Direktur Intel Corp yang juga veteran di industri semikonduktor, melepas jabatannya di perusahaan tersebut. Ia didatangkan ke Intel untuk membantu upaya kebangkitan kembali perusahaan chip tersebut.

Surat pengunduran diri Lip-Bu Tan telah disampaikan pada 19 Agustus kemarin. Pengunduran diri mantan kepala eksekutif Cadence Design Systems Inc akan berlaku efektif dalam waktu dekat.

Langkah Lip-Bu Tan bertepatan dengan buruknya laporan triwulanan, yang menyebabkan saham Intel anjlok dan menjadi penurunan paling parah dalam beberapa dekade. Produsen chip yang pernah menjadi pemimpin pasar itu itu juga memberikan ramalan kinerja yang suram, menangguhkan dividen yang sudah lama berlaku, dan mengumumkan rencana untuk memangkas lebih dari 15% pekerjanya.

CEO Pat Gelsinger telah berusaha memulihkan posisi Intel di industri chip dengan menggelontorkan uang ke pabrik dan teknologi baru, tetapi para pesaing seperti Nvidia Corp. dan Advanced Micro Devices Inc. justru memperoleh keuntungan lebih besar.