Logo Bloomberg Technoz

Rencana Aksi Korporasi Jadi Alasan Mundurnya Laporan Keuangan BNI

Dovana Hasiana
23 August 2024 06:00

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2023 BNI. (Dok. BNI)
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2023 BNI. (Dok. BNI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) atau BNI menjelaskan alasan mundurnya publikasi laporan keuangan semester I-2024. Penyampaian laporan keuangan ini bahkan menjadi yang paling terakhir jika dibandingkan tiga bank besar lainnya.

Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini menjelaskan, mundurnya pelaporan kinerja keuangan karena adanya penelaahan secara terbatas atau limited review laporan keuangan. Meski demikian, hal ini masih sesuai dengan Pertaturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 37/POJK.03/2019 tentang Transparansi dan Publikasi Laporan Bank.

“Pelaksanaan limited review ini sebagai bagian dari aksi korporasi yang bertujuan untuk memperkuat anak perusahaan kami yang tentunya hal ini sudah termasuk dalam rencana bisnis bank tahun ini,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (22/8/2024).

Selain itu, Novita menjelaskan, kondisi perekonomian global yang masih menantang dan belum stabil saat ini membuat laporan keuangan limited review ini memberikan manfaat tambahan, terutama jika perseroan perlu menyerap likuiditas dari pasar melalui instrumen pasar modal. 

“Langkah ini sifatnya lebih ke antisipatif dengan mempertimbangkan perkembangan kondisi makro dan juga kebutuhan likuiditas,” ujarnya.