Logo Bloomberg Technoz

Jelang Pemilu Thailand, Partai Thaksin Tetap Favorit di Polling

News
16 April 2023 13:14

Putri mantan perdana menteri Thailand Thaksin Shinawatra, Paetongtarn Shinawatra (tengah). (Luke Duggleby/Bloomberg)
Putri mantan perdana menteri Thailand Thaksin Shinawatra, Paetongtarn Shinawatra (tengah). (Luke Duggleby/Bloomberg)

Thomas Kutty Abraham - Bloomberg News

Bloomberg, Partai oposisi utama Thailand tetap menjadi pilihan utama pemilih menjelang pemilihan umum bulan depan, dengan Perdana Menteri Prayuth Chan-Ocha dan partainya makin tertinggal dalam upaya mereka untuk mempertahankan kekuasaan, menurut sebuah jajak pendapat.

Pheu Thai, terkait dengan mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra, didukung oleh 47% peserta dalam survei 3—7 April oleh National Institute of Development Administration, yang dikenal sebagai Nida. Angka itu turun dari capaian 49,8% pada Maret, menunjukkan perlombaan yang makin ketat karena partai-partai meningkatkan pemilihan menjelang pemungutan suara pada 14 Mei.

Popularitas Partai Maju (Move Forward Party) yang progresif melonjak menjadi sekitar 22% dari 17% dalam jajak pendapat pada Maret. Partai United Thai Nation dari Prayuth berada di urutan ketiga dengan dukungan 11%, turun dari 12%, dan perdana menteri petahana adalah kandidat paling disukai ketiga untuk memimpin negara.

Prayuth adalah kandidat PM favorit dari 13,6% responden survei, di belakang 35,7% untuk Paetongtarn Shinawatra dari Pheu Thai dan 20,3% untuk Pita Limcharoenrat dari Move Forward.

Jajak pendapat pemilu Thailand (Dok. Bloomberg)