Logo Bloomberg Technoz

Pemda Bisa Dapat Insentif Jika Tingkatkan Akses Keuangan Warganya

Azura Yumna Ramadani Purnama
22 August 2024 16:20

Airlangga Hartarto saat konfrensi pers RAPN 2025 di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jumat (16/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Airlangga Hartarto saat konfrensi pers RAPN 2025 di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jumat (16/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membuka peluang pemberian insentif fiskal kepada pemerintah daerah (Pemda) yang dapat meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat.

Airlangga menyebut, saat ini pemerintah memberikan insentif fiskal ke daerah baik untuk menangani inflasi serta kegiatan-kegiatan lain, termasuk upaya peningkatan inklusi keuangan.

“Jadi kalau ini mungkin tahun depan kita bisa bahas, tentunya dengan pemerintah yang baru. Karena amplopnya ada, bisa ditolong,” ujar Airlangga saat konferensi pers dalam Gerakan Nasional Cerdas Keuangan di Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Menanggapi itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menyambut kabar baik tersebut. Ia juga sempat berkelakar dengan Airlangga bahwa pihaknya siap menjaga ‘amplop’ atau pos pengeluaran tersebut akan dapat disalurkan.

“Baik terima kasih Pak Menko saya juga seneng dengernya tadi,” ujar Mahendra dalam kesempatan yang sama.