Logo Bloomberg Technoz

PDIP Sudah Umumkan 19 Jagoan di Pilkada, Jakarta dan Jatim Belum

Redaksi
22 August 2024 14:27

Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah Kader PDI Perjuangan Tahap 2 (YouTube PDIP)
Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah Kader PDI Perjuangan Tahap 2 (YouTube PDIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan enam pasangan calon yang akan menjadi jagoannya di Pilkada Serentak 2024. Dengan nama-nama ini, partai berlambang kepala banteng ini berarti sudah mengumumkan pasangan calonnya pada 19 Pilkada atau separuh dari total 38 provinsi

"Dari Jakarta, menunggu putusan ibu Mega [Megawati]. Demikian pula untuk Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, Kamis (22/8/2024).

PDIP belum mengumumkan nama jagoannya di wilayah-wilayah strategis. Di beberapa daerah tersebut, PDIP sendiri terancam tak bisa mengajukan calon karena tak memiliki kursi yang cukup untuk menembus ambang batas pencalonan.

Di sisi lain, PDIP ditinggal sendirian karena partai politik lain sudah bergabung ke koalisi gemuk bernama Koalisi Indonesia Maju Plus atau KIM Plus.

KIM Plus mengusung Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada DKI Jakarta; Andra Soni-Dimyati Natakusuma di Pilkada Banten; Khofifah Indar Parawangsa-Emil Dardak di Pilkada Jawa Timur. Mereka juga dikabarkan akan mengusung koalisi gemuk untuk memenangkan Rudy Mas'ud-Seno Aji di Pilkada Kalimantan Timur; Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat; dan Ahmad Luthfi di Pilkada Jawa Tengah.