Logo Bloomberg Technoz

Demo Darurat RI Disorot Media Asing, Singgung Perebutan Kekuasaan

Redaksi
22 August 2024 14:40

Aksi Mahasiswa di depan gedung DPR (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Aksi Mahasiswa di depan gedung DPR (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Demonstrasi darurat besar-besaran yang dilakukan oleh buruh, mahasiswa, dan masyarakat sipil di beberapa lokasi di Jakarta hari ini, Kamis (22/8/2024) disorot media asing. Salah satu media asing tersebut adalah Reuters, yang menerbitkan artikel berjudul Power Struggle Between Indonesia's Court and Parliament Sparks Protests.

Kantor berita tersebut menceritakan bagaimana massa demonstrasi berkumpul di depan Gedung DPR untuk memprotes perubahan Undang-Undang (UU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), yang dianggap tidak sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi. 

Dilaporkan bahwa DPR menunda pengesahan UU tersebut karena jumlah anggota DPR yang hadir hanya 89 orang atau kurang dari batas kuorum yaitu 50% plus satu atau minimal 261 orang. Meski begitu, tanggal pengesahan tidak disebutkan kapan akan digelar.

Reuters menyatakan bahwa DPR menunda pengesahan revisi UU Pilkada yang mengancam akan memicu protes besar-besaran, menyusul demonstrasi atas UU yang dianggap akan memperkuat pengaruh politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan segera lengser.

DPR awalnya berencana meratifikasi perubahan UU pada Kamis pagi yang akan membatalkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) awal minggu ini.