Logo Bloomberg Technoz

Bapanas Sebut Badan Gizi Nasional Bakal Pacu Ekonomi Lokal

Pramesti Regita Cindy
22 August 2024 13:30

Petugas menyiapkan makanan untuk simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto) 
Petugas menyiapkan makanan untuk simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto) 

Bloomberg Technoz, Jakarta – Badan Pangan Nasional atau Bapanas menilai peran Badan Gizi Nasional bukan hanya sekadar meningkatkan gizi pada anak-anak, tetapi terdapat pula potensi besar dalam mendorong perekonomian lokal dengan melibatkan berbagai pihak. 

"[Badan Gizi Nasional] akan dapat menggerakkan roda perekonomian dari desa sampai dengan ke daerah konsumen," jelas Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi kepada Bloomberg Technoz, dikutip Kamis (22/8/2024).

Untuk diketahui, dalam Pasal 55 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 83/2024 dijelaskan bahwa, pelaksanaan tugas dan fungsi kerawanan gizi yang dilaksanakan oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas dialihkan menjadi tugas dan fungsi Badan Gizi Nasional.

Dengan demikian, Bapanas juga akan turut mengambil peranan penting dalam hal tersebut.

Terkait dengan persiapan yang telah dilakukan oleh Bapanas dalam mendukung program ini, Arief menyebutkan instansinya telah melakukan persiapan paralel, sejalan untuk mendukung supaya program ini bisa dijalankan setelah 20 Oktober 2024, atau masuknya pemerintahan baru.