Logo Bloomberg Technoz

BOK Pertahankan Suku Bunga Stabil Saat Pasar Amati Pivot Oktober

News
22 August 2024 12:15

Pemandangan gedung di Korsel. (Dok: Bloomberg)
Pemandangan gedung di Korsel. (Dok: Bloomberg)

Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Bank of Korea (BOK) mempertahankan suku bunga acuannya stabil untuk mengendalikan kenaikan harga rumah.  Sementara itu, juga mengubah panduan ke depan ke arah yang lebih dovish, meningkatkan kemungkinan perubahan kebijakan paling cepat pada Oktober.

Bank sentral mempertahankan suku bunga pembelian kembali tujuh hari di 3,5% dalam keputusan pada Kamis (22/8/2024) yang memenuhi ekspektasi 22 dari 23 ekonom yang disurvei Bloomberg. Won dan imbal hasil obligasi tiga tahun turun tipis setelah pernyataan tersebut.

Dalam konferensi pers pascakeputusan tersebut, Gubernur Rhee Chang-yong mengatakan bahwa empat anggota dewan terbuka untuk memangkas suku bunga dalam tiga bulan ke depan. Hal ini meningkat dari dua anggota yang menyuarakan pandangan tersebut pada pertemuan sebelumnya.

Selain itu, pernyataan pada Kamis mengambil kecenderungan dovish karena pihak berwenang menghapus janji untuk mempertahankan suku bunga stabil "untuk jangka waktu yang cukup," menyiratkan bahwa bank semakin dekat dengan pemangkasan suku bunga.

Bank of Korea (Dok: Bloomberg)