Logo Bloomberg Technoz

Ancaman La Niña, Vale (INCO) Bakal Buka Tutup Spillway Bendungan

Dovana Hasiana
22 August 2024 12:50

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)
Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) mengatakan telah memiliki langkah antisipasi untuk memitigasi risiko cuaca ekstrem, termasuk La Niña, yakni dengan membuka dan menutup spillway terkait dengan keamanan bendungan di lingkungan pertambangannya.

Head of Corporate Communications INCO Vanda Kusumaningrum mengatakan perseroan memiliki prosedur untuk membuka dan menutup spillway terkait dengan keamanan bendungan untuk mencegah terjadinya kondisi air melewati tubuh bendungan atau overtopping, yang menyebabkan bendungan dapat mengalami kerusakan.

Selain itu, perseroan juga memiliki perjanjian dengan pemerintah lokal dan masyarakat untuk mengatur penutupan dan pembukaan spillway Waduk Batu Besi terkait dengan kenaikan elevasi muka air Danau Towuti.

“Pengaturan tersebut juga tetap memperhatikan kondisi di area hilir pada saat pembukaan pintu spillway di bendungan,” ujar Vanda kepada Bloomberg Technoz, dikutip Kamis (22/8/2024). 

Lokasi penambangan nikel yang dioperasikan oleh PT Vale Indonesia Tbk di Sorowako, Sulawesi Selatan, Minggu (12/6/2022). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Selain itu, Vanda mengatakan, perseroan telah memiliki dokumen Rencana Tindak Darurat dan sudah melakukan simulasi pada 2019—2020 untuk melakukan evakuasi masyarakat yang terdampak di area hilir, jika terjadi banjir atau gempa bumi yang menyebabkan bendungan mengalami kerusakan.