Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, pihak berwenang sedang menyelidiki bagaimana kapal pesiar mewah ini tenggelam--dan mengapa kapal ini tenggelam dengan cepat--pada Senin dini hari, dengan kapten kapal dan para korban selamat lainnya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kantor kejaksaan setempat, demikian menurut laporan dari kantor berita Italia, ANSA.

Cabang Penyelidikan Kecelakaan Kelautan Inggris mengatakan bahwa mereka juga sedang menyelidiki insiden ini, dengan pertanyaan-pertanyaan yang muncul di sekitar luasnya tiang kapal pesiar ini dan kondisi lambung kapal.

"Saat ini tidak ada bukti bahwa tiang kapal telah patah," kata juru bicara penjaga pantai Vincenzo Zagarola kepada Bloomberg News pada Rabu (21/8/2024). "Kami juga dapat mengatakan bahwa, sejauh ini, tidak ada bukti bahwa lambung kapal telah patah. Namun, kami belum memiliki gambaran yang jelas mengenai kerusakan secara keseluruhan."

Para kru yang dibantu oleh kapal-kapal militer, kendaraan bawah air yang dikendalikan dari jarak jauh, dan helikopter telah mencari para penumpang yang hilang sejak Senin. Enam tamu, termasuk istri Lynch, Angela Bacares, dan sembilan kru telah diselamatkan. Mayat Recaldo Thomas, koki kapal, ditemukan tak lama setelah Bayesian tenggelam.

Lynch dan putrinya Hannah, Bloomer dan istrinya Judy, serta mitra Clifford Chance, Chris Morvillo dan istrinya Neda, diidentifikasi sebagai penumpang yang hilang pada Selasa oleh pihak berwenang di Sisilia.

Lynch, 59 tahun, dan keluarganya sedang merayakan pembebasan dirinya dari dakwaan penipuan baru-baru ini bersama sekelompok kecil penasihatnya saat badai dahsyat menghantam. Tuduhan tersebut berasal dari penjualan perusahaan perangkat lunak Autonomy Corp kepada Hewlett Packard Co pada tahun 2011.

Raksasa Silicon Valley itu kemudian menuduh Lynch melakukan kegagalan akuntansi. Dia telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membersihkan namanya di pengadilan dan memulihkan reputasinya sebagai salah satu pengusaha paling sukses di Eropa.

Sekitar dua bulan sebelum kecelakaan kapal pesiar, juri di San Francisco memutuskan bahwa Lynch tidak bersalah atas tuduhan kriminal bahwa ia telah menipu HP untuk membayar lebih banyak untuk perusahaannya. Dia masih melawan HP dalam kasus perdata di London, di mana hakim Inggris menyatakan bahwa dia bertanggung jawab karena menciptakan ilusi perusahaan yang jauh lebih besar dan lebih sukses daripada yang sebenarnya.

Peta tenggelamnya kapal pesiar yang tenggelam di lepas pantai Sisilia, Italia (Dok: Bloomberg)

Petugas penyelamat mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses ke kapal pesiar yang berada 48 meter di bawah permukaan, dengan alasan kedalaman dan posisi lambung kapal.

"Pencarian akan berlangsung selama diperlukan," kata Zagarola kepada Bloomberg. "Yang pasti, seluruh lambung kapal perlu diperiksa meter demi meter."

(bbn)

No more pages