Logo Bloomberg Technoz

Sebanyak 103 saham naik dan 171 saham stagnan. Sementara, 320 saham mengalami penurunan.

Pergerakan IHSG memang dipengaruhi sentimen utama seperti kebijakan Bank Indonesia (BI) terkait suku bunga acuan dan sikap the Fed. Namun, memanasnya situasi politik saat ini, yang berbuntut pada aksi demonstrasi sejumlah pihak hari ini sampai besok, turut menjadi sentimen tambahan.

Perubahan ambang batas dukungan Partai Politik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), dan juga syarat usia diprediksi dapat membawa defisit fiskal makin lebar tahun ini. 

Dewan Perwakilan Rakyat-RI hari ini dijadwalkan menggelar rapat lanjutan, yaitu Rapat Paripurna perihal RUU Pilkada setelah merespons keputusan Mahkamah Konstitusi yang sebelumnya mengubah secara signifikan peta politik di Indonesia jelang Pilkada pada November nanti.

"Perubahan ambang batas dukungan partai politik untuk Pilkada 2024 berpotensi memicu pelebaran defisit fiskal," terang Lionel Priyadi, Fixed Income and Macro Strategist Mega Capital.

Bila Pilkada di banyak daerah digelar melawan kotak kosong atau ‘lawan boneka’, status quo diprediksi akan memperbanyak belanja Bantuan Sosial untuk memenangkan suara. “Belanja Bansos pasti digenjot apabila Pilkadanya lebih kompetitif. Alhasil, belanja Bansos Pemerintah akan meningkat sementara penerimaan negara terbukti tidak bisa mengejar. Ini bisa membuat defisit kita makin lebar,” jelas Lionel.

Hitungan Analis, defisit fiskal tahun ini bisa melebar ke 2,8%–3%. Posisi defisit fiskal Indonesia pada 12 Juli months trailing, menurut hitungan Mega Capital Sekuritas, sudah minus mencapai 2,7% terhadap Produk Domestik Bruto.

(fad/dhf)

No more pages