Logo Bloomberg Technoz

Polisi Kerahkan 3.200 Personil Antisipasi Demo di DPR Hingga KPU

Redaksi
22 August 2024 09:22

Gedung DPR/MPR. (Dok. mpr.go.id)
Gedung DPR/MPR. (Dok. mpr.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepolisian menyiapkan sekitar 3.200 personil untuk menjaga sejumlah lokasi yang menjadi titik penyampaian aspirasi penolakan pengesahan revisi Undang-undang nomor 10 tahun 2026 tentang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada). 

Polisi mencatat lokasi demo akan berada di depan kompleks Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), gedung Mahkamah Konstitusi (MK), gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

"Tidak menutup kemungkinan juga di kantor KPU DKI Jakarta di kawasan senen juga menjadi pritotas pengamanan kami," kata Kepala Kepolisian Resor Jakarta Pusat, Komisaris Besar Susatyo Purnomo Condro, Kamis (22/8/2024).

Sebagai antisipasi, kepolisian juga telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan potensi unjuk rasa. Akan tetapi, hingga saat ini, rekayasa belum diterapkan karena kondisi demo dan lalu lintas masih relatif lancar dan aman.

"Ruas jalan di Gatot Subroto ini saat ini masih normal, namun secara situasional apabila terjadi kepadatan dari massa aksi maka kami akan melaksanakan rekayasa lalu lintas," kata Susatyo.