Logo Bloomberg Technoz

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan kereta api dan layanan KAI dapat menghubungi Contact Center 121 dan media sosial KAI 121.

Lalu-lintas

Pagi ini, kepolisian lalu lintas memperingatkan adanya konsentrasi massa di sekitar gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Pihak terkait diimbau untuk menghindari arus lalu lintas di sekitaran gedung DPR dan MK dikarenakan adanya kegiatan masyarkat pada pukul 9.00 sampai dengan selesai,” tulis TMCPoldametro dalam unggahan, Kamis.

Akan ada aksi demo dalam jumlah besar pukul 9.00 pagi dengan titik pusat di Jalan Gatot Subroto, Jakarta dari aliansi Partai Buruh, seperti disampaikan Said Iqbal Presiden Partai Buruh.

Hari ini DPR akan menggelar sidang lanjutan dengan target  pengesahan RUU Pilkada, dengan banyak reaksi kekecewaan dari publik bahwa ini jadi cara anggota Dewan untuk tak akan mengacu pada keputusan MK dalam Pilkada Serentak 2024.

“Jadi ketika besok di paripurna akan disahkan, terus kemudian Presiden mengundangkan, maka undang-undang itu sah berlaku,” ucap Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi, Rabu (21/8/2024).

Fraksi PDI Perjuangan jadi peserta pada rapat di DPR yang menolak pengesahan RUU Pilkada yang baru, kerena diduga sengaja dikebut demi memuluskan kepentingan sekelompok. Jika mengacu pada putusan MK, padahal, putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, akan gagal mengikuti kontestasi.

Untuk diketahui, amar putusan MK nomor 60/PUU-XXII/2024 mengubah syarat ketentuan pencalonan Pilkada dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di atas 6 juta suara: Parpol cukup memperoleh raihan 7,5% suara DPT.

Putusan tersebut mengubah syarat sebelumnya yang mengharuskan parpol wajib memiliki 25% suara atau 20% kursi di legislatif. 

(wdh)

No more pages