Logo Bloomberg Technoz

DPR-RI dijadwalkan akan menggelar Rapat Paripurna hari ini di mana salah satu agendanya adalah mengambil keputusan terhadap Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Dunia (RUU Pilkada) yang menjadi sentral isu saat ini. Berbagai elemen masyarakat sipil sejak Rabu kemarin bergerak untuk menggelar aksi bersama Kamis ini.

"Kami melihat risiko politik dari revisi UU pilkada. Risiko yang dihadapi adalah demonstrasi bertransformasi menjadi social unrest. Namun, informasi yang tersedia belum dapat digunakan untuk menetapkan probabilitas terjadinya social unrest," kata Lionel Priyadi, analis mega Capital Sekuritas.

Pasar hari ini sebenarnya mendapatkan sentimen positif dari rilis risalah rapat FOMC The Fed, bank sentral AS, yang nadanya dovish dan menaikkan ekspektasi penurunan bunga The Fed. Sentimen seputar The Fed itu juga yang menjadi 'bahan bakar' arus masuk modal asing ke RI belakangan ini.

Laporan Bank Indonesia, aliran investasi portofolio asing menguat ke berbagai instrumen pasar keuangan domestik, pada kuartal dua ini, termasuk ke surat utang negara, sekuritas rupiah, dan saham di mana nilainya  US$7,2 miliar quarter-to-date, hingga 19 Agustus.

(rui/aji)

No more pages