Logo Bloomberg Technoz

Gubernur The Fed Jerome Powell akan memiliki kesempatan untuk memberikan kejelasan lebih lanjut kepada para investor saat ia berbicara di simposium ekonomi Jackson Hole pada Jumat (23/8/2024).

Pemangkasan suku bunga The Fed. (Dok: Bloomberg)

"Notulen the Fed menghapus semua keraguan mengenai penurunan suku bunga di September," kata Jamie Cox di Harris Financial Group. "Strategi komunikasi The Fed adalah untuk membuat pertemuan-pertemuannya tidak terlalu menggerakkan pasar, dan mereka mengikuti naskah yang ada di dalam notulen." 

Kemungkinan revisi pada pertumbuhan lapangan kerja AS menambah bukti lebih lanjut bagi para pedagang untuk memperkirakan penurunan suku bunga di September. Jumlah pekerja dalam daftar gaji kemungkinan akan direvisi turun sebanyak 818.000 selama 12 bulan hingga Maret--atau sekitar 68.000 lebih sedikit setiap bulannya--menurut revisi tolok ukur awal dari Biro Statistik Tenaga Kerja. Ini adalah revisi turun terbesar sejak 2009.

Di Asia, data yang akan dirilis termasuk inflasi di Malaysia, HSBC flash PMI di India, dan pengangguran Taiwan. Korea Selatan akan mengumumkan keputusan suku bunga. Di tempat lain, China meluncurkan investigasi anti-subsidi atas impor produk susu dari Uni Eropa, seiring dengan meningkatnya ketegangan perdagangan di antara kedua belah pihak.

Penyelidikan ini akan menargetkan beberapa produk susu, termasuk keju segar dan olahan, Kementerian Perdagangan China mengatakan dalam pernyataannya pada Rabu.

Jackson Hole Simposium ekonomi Jackson Hole dimulai pada Kamis--Gubernur The Fed Powell diperkirakan akan berbicara pada Jumat pagi. Dan S&P 500 akan memasuki acara ini dengan kinerja year-to-date terkuat kedua sejak tahun 2000, menurut data yang dikumpulkan oleh Bespoke Investment Group.

Meskipun kinerja menjelang Jackson Hole telah positif pada tahun 2024, indeks hanya naik sepertiga dari waktu selama simposium di seluruh contoh sebelumnya dengan penurunan rata-rata 1,37% selama beberapa hari, kata Bespoke.

Indeks ini juga mengalami penurunan rata-rata pada hari, minggu, dan pertemuan Fed berikutnya. Bagi Jennifer McKeown di Capital Economics, para gubernur bank sentral tidak mungkin menawarkan banyak panduan ke depan pada simposium Jackson Hole, dan lebih memilih untuk menekankan "ketergantungan data" mereka.

"Karena sebagian besar perekonomian sedang berkembang, inflasi menurun kembali ke target dan pasar-pasar keuangan telah stabil setelah kekhawatiran akan resesi beberapa minggu yang lalu, ada lebih sedikit tekanan bagi mereka untuk mengarahkan pasar dibandingkan dengan kejadian-kejadian di masa lalu," kata McKeown.

"Namun mereka berisiko mempertahankan suku bunga terlalu tinggi untuk waktu yang terlalu lama."

Pada komoditas, minyak stabil pada Kamis setelah merosot di sesi sebelumnya. Emas juga sedikit berubah setelah diperdagangkan mendekati rekor tertinggi karena ekspektasi penurunan suku bunga the Fed.

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • S&P 500 berjangka sedikit berubah pada pukul 7:16 pagi waktu Tokyo
  • Hang Seng berjangka naik 0,8%
  • S&P/ASX 200 berjangka naik 0,4%

Mata Uang

  • Bloomberg Dollar Spot Index sedikit berubah
  • Euro sedikit berubah pada US$1,1153
  • Yen Jepang sedikit berubah pada 145.09 per dolar
  • Yuan luar negeri sedikit berubah pada 7,1308 per dolar
  • Dolar Australia sedikit berubah pada US$0,6746

Mata Uang Kripto

  • Bitcoin naik 0,1% menjadi US$61.335,44
  • Eter naik 0,2% menjadi US$2.636,16

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate sedikit berubah
  • Emas spot sedikit berubah

(bbn)

No more pages