Logo Bloomberg Technoz

Data ini memberikan petunjuk awal tentang bagaimana perombakan yang dilakukan Harris beresonansi dengan para pemilih pasca ia memecahkan rekor penggalangan dana dalam satu hari pada 21 Juli.

Kamala Harris dan Tim Walz. (Bloomberg)

Tepat pada tanggal tersebut adalah keputusan Kamala Harris menggantikan Joe Biden sebagai calon Partai Demokrat. Jumlah total donor mungkin lebih tinggi lagi. Analisis ini tidak memasukkan kontribusi langsung kepada komite penggalangan dana bersama, yang mengungkapkan catatan sumbangan pada jadwal triwulanan.

Di Georgia, terdapat hampir 66.000 donatur dari tanggal 21-31 Juli, dibandingkan dengan sekitar 53.000 donatur ketika Biden memimpin perolehan suara. Antusiasme terhadap Harris telah mendorong negara bagian ini dari wilayah yang lamban dalam penggalangan dana menjadi sejajar dengan negara bagian lain seperti Michigan dan Wisconsin.

Satu-satunya negara bagian yang mengalami peningkatan jumlah penyumbang yang lebih besar adalah California dan New York, yang masing-masing mengalami peningkatan sekitar 23.000 penyumbang.

Donatur kampanye Kamala Harris dan Joe Biden.

Di Georgia, 72% penyumbang untuk Harris dan Komite Nasional Demokrat adalah penyumbang pertama kali, salah satu yang terbesar dalam hal dukungan yang baru ditemukan. 

Negara-negara bagian Selatan lainnya, termasuk North Carolina, juga mengalami lonjakan sumbangan pertama kali sejak Harris mengikuti pemilihan. Alabama, Louisiana, dan Mississippi memiliki jumlah donatur Biden per kapita paling sedikit. Alhasil, peningkatan donatur baru menjadi sangat signifikan bagi kampanye Harris.

Persentase kontribusi donatur Kamala Harris-Biden

Setelah dominasi Partai Republik selama beberapa dekade, Georgia beralih ke Biden pada tahun 2020. Namun, menurut angka jajak pendapat terbaru dari Real Clear Politics, Harris tertinggal tipis dari Trump di sana dan di North Carolina.

Ukuran antusiasme lain adalah jumlah donasi, dimana menunjukkan pergeseran ke arah Harris di negara-negara bagian penting.

Di Nevada, jumlah sumbangan rata-rata meningkat sebesar 13%, dan di Arizona melonjak sebesar 45% dibandingkan dengan rata-rata sumbangan Biden.

Nevada tetap menjadi kontes yang ketat secara konsisten dalam pemilihan baru-baru ini, sementara Arizona beralih ke kendali Demokrat pada tahun 2020 untuk pertama kalinya sejak tahun 1996.

(bbn)

No more pages