Logo Bloomberg Technoz

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita PA, Zagarola ditanya apakah penumpang yang tersisa akan ditemukan hidup. "Secara masuk akal jawabannya seharusnya tidak," katanya.

Lynch (59 tahun) dan keluarganya sedang merayakan pembebasannya dari tuduhan penipuan dengan sekelompok kecil penasihat ketika badai dahsyat melanda. Tuduhan tersebut berasal dari penjualan perusahaan perangkat lunak Autonomy Corp oleh Lynch ke Hewlett Packard Co pada tahun 2011. Raksasa Silicon Valley tersebut kemudian menuduh Lynch melakukan kegagalan akuntansi. Dia telah menghabiskan bertahun-tahun bekerja untuk membersihkan namanya di pengadilan dan mengembalikan reputasinya sebagai salah satu pengusaha paling sukses di Eropa.

Lokasi tenggelamnya yacht di Italia. (Sumber: Bloomberg)

Sedikit lebih dari dua bulan sebelum kecelakaan kapal yacht, juri San Francisco menyatakan Lynch tidak bersalah atas tuduhan kriminal bahwa dia menipu HP untuk membayar lebih untuk perusahaannya. Dia masih berjuang melawan HP dalam kasus perdata di London, di mana seorang hakim Inggris menyatakan dia bertanggung jawab atas penciptaan ilusi sebuah perusahaan yang jauh lebih besar dan lebih sukses daripada kenyataannya.

Lynch dan putrinya Hannah, Bloomer dan istrinya Judy, serta mitra Clifford Chance Chris Morvillo dan istrinya Neda, diidentifikasi sebagai penumpang yang hilang pada Selasa oleh pihak berwenang di Sisilia.

Petugas penyelamat telah mengalami kesulitan untuk mengakses kapal yacht yang berada 48 meter di bawah permukaan, mengutip kedalaman dan posisi lambung kapal. Media lokal melaporkan pada Rabu bahwa tim penyelam kecil telah dapat mengakses beberapa bagian dalam ruangan kapal.

"Pencarian akan berlanjut selama diperlukan," tambah Zagarola. "Pasti seluruh lambung perlu diperiksa meter demi meter."

Pencarian sedang dilakukan dengan bantuan kendaraan bawah air yang dikendalikan dari jarak jauh, yang mampu beroperasi di dasar laut selama lebih dari dua jam, menurut pernyataan dari penjaga pantai.

Otoritas Italia telah memulai penyelidikan terhadap tenggelamnya kapal, dan Cabang Investigasi Kecelakaan Maritim Inggris telah mengirim inspektur untuk penilaian awal, menurut juru bicara Departemen Transportasi.

Investigasi akan melibatkan wawancara dengan kru, penumpang, dan saksi lainnya serta mengumpulkan bukti fisik dan digital, misalnya memeriksa buku harian, kualifikasi kru kapal, dan data perekam perjalanan apa pun.

Tiang kapal yacht, yang kabarnya merupakan yang tertinggi di dunia, tetap utuh, bertentangan dengan laporan sebelumnya bahwa tiang tersebut patah selama badai, lapor harian Corriere della Sera pada Rabu (21/08/2024).

(bbn)

No more pages