Logo Bloomberg Technoz

10 Saham Pilihan JPMorgan Saat IHSG Cetak Rekor All Time High

Muhammad Julian Fadli
22 August 2024 05:11

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus melejit di zona level tertinggi sepanjang sejarah (All Time High/ATH) dengan kenaikan terbaiknya di 7.554. Sejalan dengan penguatan Rupiah, sentimen The Fed, juga BI-Rate yang diperkirakan akan segera dipangkas, dengan itu Analis JPMorgan telah memilih 10 saham unggulan yang menarik dicermati investor saham.

Tim Analis JPMorgan Sekuritas, termasuk Henry Wibowo, Rajiv Batra, Arnanto Januri, dan Benny Kurniawan memaparkan, IHSG sentuh ATH merupakan efek langsung dari kembalinya aliran dana asing net buy yang menggembirakan, angkanya mencapai US$600 juta sejak Juni hingga saat ini.

Menariknya lagi, mereka menyebut “Kemungkinan masih ada potensi aliran dana masuk (inflow) lebih lanjut.”

JPMorgan meyakini Indonesia akan menjadi salah satu negara Emerging Market yang paling diuntungkan dari pemotongan suku bunga oleh Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed), di mana JPMorgan memperkirakan pemotongan 50bps pada September dan pemotongan 50 bps lagi pada November.

“Kami memperkirakan Bank Indonesia akan memotong suku bunga sebesar 50bps dalam periode September–Desember tahun ini dan 50bps lagi pada Semester I-2025,” jelasnya, mengutip riset terbaru Indonesia Equity Strategy, Rabu (21/8/2024).