Logo Bloomberg Technoz

Kejaksaan Korsel Akan Bebaskan Ibu Negara dari Kasus Tas Mewah

News
21 August 2024 15:00

Presiden Yoon Suk Yeol duduk bersama istrinya Kim Keon Hee. (Dok: Hannah McKay/WPA Pool/Getty Images)
Presiden Yoon Suk Yeol duduk bersama istrinya Kim Keon Hee. (Dok: Hannah McKay/WPA Pool/Getty Images)

Soo-Hyang Choi - Bloomberg News

Bloomberg, Jaksa Korea Selatan (Korsel) akan membebaskan istri Presiden Yoon Suk Yeol dari dakwaan kriminal atas penerimaan tas tangan mewah dalam situasi yang meragukan, yang mengakhiri penyelidikan atas kasus yang telah mengguncang dunia politik.

Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul telah menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan langsung antara tugas Yoon dan ibu negara Kim Keon Hee yang menerima tas yang dibeli seharga 3 juta won (US$2.250). Mereka tidak menemukan bukti adanya imbalan yang diberikan kepada seseorang, seorang pendeta, yang memberikan tas tersebut, demikian laporan Yonhap News, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Kantor kejaksaan Seoul tidak segera menanggapi permintaan untuk memberikan komentar. Kantor tersebut biasanya tidak memberikan pernyataan publik tentang penyelidikannya. Tim penyelidik diperkirakan akan melaporkan hasil investigasinya kepada jaksa agung dalam beberapa hari mendatang.

Penyelidikan dibuka pada Mei setelah video yang direkam secara diam-diam saat Kim dihadiahi tas tersebut muncul ke permukaan. Pemberian tas tangan pada akhir tahun 2022 itu memicu badai politik ketika video tersebut terungkap pada awal tahun ini, dengan lawan-lawan politik Yoon menuduh Kim melakukan korupsi.