Logo Bloomberg Technoz

"Seperti sepak bola, jadi kalau satu tim untuk melakukan tugas harus solid, kerja sama yang kuat. Karena, kalau ada satu orang yang gol bunuh diri, nah sudah bubar."

"Jadi kita mesti menyadari bahwa kita ini satu tim. Tujuannya, menjadikan Indonesia negara maju 2045, sebentar lagi, dan kita punya semua persyaratannya," ujarnya.

Berdasarkan Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR), indikator negara maju adalah negara yang memiliki pendapatan per kapita tahunan yang tinggi, melebihi US$12.375/tahun.

Selain itu, negara maju biasanya memiliki standar hidup yang lebih tinggi, tingkat kemiskinan yang rendah, angka harapan hidup yang tinggi, tingkat pendidikan yang tinggi, tingkat kesehatan yang tinggi, dan kemajuan teknologi yang tinggi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri sebelumnya menuturkan bahwa  anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) digunakan sebagai penopang untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, bahkan menjadi instrumen agar Indonesia bisa keluar dari jebakan pendapatan menengah (middle-iIncome trap).


"Bonus demografi harus menjadi peluang, bukan justru menjadi hambatan. APBN juga bisa jadi amunisi dalam transformasi ekonomi, meningkatkan daya tarik investasi dan membuka lebih banyak lapangan kerja," ucap Jokowi dalam pembacaan Nota Keuangan dan Pembacaan APBN Tahun 2025 terakhirnya di Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).


Ia menambahkan bahwa penguatan ekonomi Indonesia juga harus didukung oleh realisasi ekspor atas produk yang bernilai tambah tinggi. Pemerintah akan berusaha mendukung perdagangan eskpor lewat insentif fiskal "yang kompetitif dengan tetap menjaga keberlanjutan fiskal."


Meskipun Jokowi memprediksi bahwa penopang pertumbuhan ekonomi tahun depan masih didominasi oleh permintaan domestik efek situasi global yang akan relatif stagnan.


"Bauran antara fiskal, moneter, dan sektor keuangan akan dijaga untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas sistem keuangan," berdasarkan keterangan tertulis Jokowi dalam sidang di gedung DPR, Senayan.


Adapun sejumlah target makro ekonomi tahun 2025 sudah ditetapkan Jokowi dan akan dijalankan oleh pemerintahan baru Presiden Prabowo Subianto, termasuk pertumbuhan 5,2%.


Berikut ini asumsi makro ekonomi Indonesia tahun 2025:

Pertumbuhan ekonomi 5,2%

- Inflasi 2,5%

- Nilai tukar rupiah Rp16.100/US$.

- Tingkat bunga SBN 10 tahun pada kisaran 7,1%.

- Harga minyak mintah Indonesia (ICP) US$82/barel

- Lifting minyak 600 ribu barel/hari

- Produksi gas  bumi 1,005 juta barel setara minyak/hari.

(prc/wdh)

No more pages