Logo Bloomberg Technoz

Zulhas: RI Punya Semua Syarat Jadi Negara Maju pada 2045

Pramesti Regita Cindy
21 August 2024 13:50

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kemendag.go.id)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kemendag.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengeklaim Indonesia memiliki semua persyaratan untuk menjadi negara maju pada 2045, bertepatan dengan perayaan 100 tahun kemerdekaan republik ini.

Optimisme ini ditegaskan Zulhas ketika dirinya melakukan pertemuan untuk agenda Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) belum lama ini.

Menurut penuturan Zulhas, Menteri Perdagangan China juga turut mengakui potensi besar Indonesia, dengan menyebut Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang melimpah guna mendukung RI menjadi negara maju.

"Pendek kata, seluruh persyaratan kita punya, dan terbukti kita 51 bulan perdagangan kita surplus terus, dengan segala kekurangannya kita masih surplus di atas 5%," kata Zulhas dalam agenda Forum PPNS, di Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat Pemusnahan Pakaian Bekas (Ballpress) Satgas Importasi Ilegal. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cind

Berkaitan dengan hal tersebut, Zulkifli menekankan pentingnya kerja sama yang solid di antara berbagai pihak, termasuk Polri, Kejaksaan, Kementerian Hukum dan HAM, serta kepala dinas di seluruh Indonesia.