Logo Bloomberg Technoz

Zulhas: Satgas Impor Seperti Kuman, Makin Ditekan Makin Kuat

Pramesti Regita Cindy
21 August 2024 12:50

Mendag Zulkifli Hasan saat rilis barang impor ilegal di pergudangan Kamal Muara, Jakarta, Jumat (25/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Mendag Zulkifli Hasan saat rilis barang impor ilegal di pergudangan Kamal Muara, Jakarta, Jumat (25/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menganalogikan kinerja satgas impor ilegal yang dipimpinnya layaknya sebuah kuman. Hal ini berkaitan dengan upaya pemerintah melawan praktik perdagangan atau impor ilegal yang kian marak terjadi di dalam negeri.

Mulanya, Zulhas mengungkapkan salah satu hambatan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia yakni maraknya aktivitas ekonomi yang dikenal sebagai undergrowth economy, atau kegiatan ekonomi yang tidak terekam oleh otoritas pajak.

Akibatnya, hampir 30%—40% pasar domestik dikuasai oleh produk-produk ilegal yang tidak berkontribusi secara langsung terhadap pajak negara.

"Oleh karena itu, tax ratio kita kecil dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya. Kalau pajak kita, tax ratio-nya kecil, pendapatan negara sedikit, bagaimana kita membangun? Bagaimana kita memperkuat alutista? Bagaimana kita mau membangun SDM dan lain-lain? Nah kalau [sampai] 35% bayangkan," ungkap Zulhas dalam agenda Forum PPNS, Rabu (21/8/2024).

Untuk itu, sebagai alternatif makin merebaknya impor ilegal tersebut, dibentuklah Satuan Tugas (satgas) Impor Ilegal. Namun, nyatanya upaya ini belum berhasil sepenuhnya.