Logo Bloomberg Technoz

Risalah ini akan memberikan wawasan terbaru tentang pandangan The Fed terhadap ekonomi AS, dan kemungkinan masa pemangkasan suku bunga acuan jika inflasi terus melambat.

Sementara, dari sisi teknikal saat ini, Bitcoin sejatinya masih ada di momentum bullish dengan potensi kenaikan ke level US$64.000. Namun dengan catatan, jika Bitcoin berhasil melewati MA-50 yang berada di sekitar level US$61.000.

Pekan ini, Bitcoin masih berjuang untuk bertahan di atas US$59.000 untuk kembali menguji US$60.000 yang jadi resistance terdekatnya. “Stochastic mendatar di centreline, dan histogram MACD dalam zona bullish,” jelas Panji.

Sebaliknya, jika support Bitcoin di rentang area US$57.000 ditembus dan makin melemah, Bitcoin dapat kembali ke level terendah bulan ini di US$49.000.

Menariknya, dengan pergerakan Bitcoin yang sideways sepekan, Altcoin mengalami momentum positif.

Beberapa Altcoin dengan kenaikan tertinggi dalam sepekan adalah Aave AAVE yang menguat mencapai 35,59% menjadi US$131,85, dan TRON TRX berhasil mencatat kenaikan 24,49% menjadi US$0,1597.

Menyusul Altcoin Klaytn KLAY yang melesat 18,47% menjadi US%0,1579, BinaryX BNX menguat 14,31% menjadi US$1,57, dan juga Polygon MATIC meninggi 10,58% menjadi US$0,4667.

Di sisi lain, ETF Bitcoin Spot berhasil mencatatkan total net inflow sejumlah US$32,4 juta pada minggu lalu. Produk ini memperoleh empat hari positif dari lima hari perdagangan, dengan satu-satunya arus keluar bersih harian hanya US$81,4 juta pada 14 Agustus.

“Sementara itu, ETF Ethereum Spot mencatatkan total net outflow sebesar US$14,16 juta minggu lalu, setelah sebelumnya sempat menutup pekan dengan total net inflow sebesar US$104,76 juta,” tulisnya.

Sentimen Pasar Aset Kripto

Data terbaru sejak 1 Agustus, termasuk angka inflasi AS pada Juli yang lebih rendah dari perkiraan, mencerminkan tekanan harga mungkin mulai mereda. Hal ini memicu spekulasi The Fed mungkin mempertimbangkan pemangkasan suku bunga acuan secepatnya pada September, di pertemuan berikutnya.

Menurut data pasar dari CME FedWatch Tools, ada peluang dengan probabilitas 67,5% The Fed akan menggunting suku bunga sebesar 25 basis poin di bulan depan. Juga ada probabilitas mencapai 32,5% The Fed akan memangkas mencapai 50 bps menjadi 4,75%-5,00%.

Probabilitas Federal Funds Rate dalam Rapat September (Sumber: CME FedWatch)

Para investor juga menantikan data inflasi AS yaitu Pengeluaran Konsumsi Pribadi (Personal Consumption Expenditures/PCE) yang akan dirilis jelang tutup bulan Agustus. Data ini diharapkan memberikan petunjuk lebih lanjut tentang inflasi AS.

“Peristiwa-peristiwa minggu ini diperkirakan akan mempengaruhi tidak hanya pasar Aset Kripto, tetapi juga pasar keuangan secara keseluruhan, karena investor bereaksi terhadap perubahan kebijakan The Fed,” tutup Panji.

(fad/wep)

No more pages