Logo Bloomberg Technoz

Pengumuman BI Rate: Tetap Bertahan di 6,25%

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 August 2024 14:31

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024. (Youtube Setpres)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024. (Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah menyelesaikan Rapat Dewan Gubernur (RDG) edisi Agustus. Hasilnya sesuai ekspektasi, suku bunga acuan tetap ditahan di 6,25%.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 20-21 Agustus 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI Rate sebesar 6,25%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,5%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 7%," ungkap Gubernur Perry Warjiyo dalam jumpa pers usai RDG, Rabu (21/8/2024).

Konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg menghasilkan proyeksi BI Rate tetap di 6,25%. Namun suara pasar tidak bulat, ada yang menilai terdapat peluang MH Thamrin menurunkan suku bunga acuan bulan ini.

"BI memiliki ruang untuk melakukan pelonggaran moneter dengan inflasi yang telah melandai dan kondisi pasar suportif terhadap rupiah sejauh ini," kata Winson Phoon, Head of Fixed Income Research Maybank, seperti dilansir Bloomberg News.

Meski September akan menjadi waktu yang lebih tepat untuk memulai siklus penurunan, dengan jadwal RDG September yang hanya berjeda sehari dengan FOMC The Fed tidak berarti memberi kejelasan bagi stabilitas mata uang.