Logo Bloomberg Technoz

Usai Merugi, Chandra Asri Yakin Mampu Raih Laba di Kuartal I

Whery Enggo Prayogi
15 April 2023 16:00

Aktivitas kerja PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). (Dok Perusahaan)
Aktivitas kerja PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). (Dok Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) percaya diri membalikkan kinerja keuangan mereka, dari merugi pada tahun buku 2022 menjadi menghasilkan laba pada kuartal I ini.

First quarter dari perkembangannya menuju positif. Kita sudah positif, tapi tunggu laporan keuangan kuartalan ya,” kata Direktur Chandra Asri Suryandi di Jakarta, Jumat (14/4/2023) malam.

Menurut Suryandi permintaan atas produk petrokimia tahun ini telah kembali normal seperti sebelum pandemi. Pembukaan kembali aktivitas masyarakat (reopening) di China turut menjadi daya dukung bisnis dari  anak usaha dari PT Barito Pacific Tbk (BRPT) ini.

“Saat ini harga mulai stabil, demand bertumbuh kembali dan ada sentimen baik terjadi lebih lanjut. Harapannya [keuangan] harus untung, mudah-mudahan. Apalagi China sudah mulai membuka lockdown mereka,” papar Suryandi.

Memang tahun lalu bukan jadi periode terbaik Chandra Asri, dimana perseroan merugi US$ 149 juta atau sekitar Rp 2,3 triliun. Padahal pada periode sebelumnya, TPIA mampu menghasilkan keuntungan US$ 151 juta.