Logo Bloomberg Technoz

13 PLTU Layak Pensiun Sebelum 2030, Termasuk Suralaya & Paiton

Dovana Hasiana
21 August 2024 10:40

PLTU Paiton di Probolingggo, Jawa Timur./dok. PLN
PLTU Paiton di Probolingggo, Jawa Timur./dok. PLN

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan setidaknya terdapat 13 pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbasis batu bara yang sudah tua secara umur dan bakal memasuki masa pensiun sebelum 2030.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukkan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi mengatakan PLTU yang masuk ke dalam daftar tersebut di antaranya adalah PLTU Suralaya, PLTU Paiton, dan PLTU Ombilin. Bagaimanapun, dia tidak mendetailkan 10 PLTU lain yang masuk dalam daftar.

“Kalau istilahnya itu pensiun secara natural. Itu sebelum 2030 ada list-nya, nah itu termasuk dalam list 13. Kalau kita suggest Ombilin itu termasuk yang tercepat dimusnahkan saja bisa. Di situ tidak ada gangguan masalah sosial penduduknya yang sudah tidak pakai, terus tidak ada pekerjanya, yang isunya sudah lebih mudah gitu,” ujar Eniya saat ditemui di Kantor ESDM, Selasa (20/8/2024).

Adapun, Eniya mengatakan, 13 PLTU yang masuk ke dalam daftar setidaknya memiliki jumlah emisi mencapai 48 juta ton CO2. 

Asap keluar dari cerobong PLTU Suralaya di Merak, Cilegon, Banten, Rabu (30/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Selanjutnya, Kementerian ESDM juga bakal mengeluarkan keputusan menteri untuk peta jalan pensiun PLTU. Kepmen itu bakal berisi ihwal skenario hingga syarat untuk pensiun PLTU tersebut.