Logo Bloomberg Technoz

Menanti Kebijakan dan Arah BI-Rate, IHSG Berpotensi Mixed

Muhammad Julian Fadli
21 August 2024 08:47

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu 21 Agustus 2024, berpotensi bergerak mixed dengan kenaikan terbatas, wait and see atas respons pasar terhadap data-data Ekonomi RI terbaru, termasuk kebijakan Bank Indonesia pada BI-Rate yang akan diumumkan siang nanti.

Pada perdagangan kemarin Selasa 20 Agustus, IHSG melesat di zona hijau dengan kenaikan 67,15 poin, atau menguat 0,90% dan berhasil menutup perdagangan di level tertingginya sepanjang masa (All Time High/ATH) pada penutupan 7.533.

Analisis Teknikal IHSG Rabu 21 Agustus 2024 (Riset Bloomberg Technoz)

Secara teknikal sejatinya IHSG masih ada potensi untuk menguat, mencermati sejumlah sentimen, dengan target kenaikan terdekat menuju 7.570 dengan keberhasilan pecah rekor level tertinggi ATH, hingga 7.600 sebagai resistance terkuat.

Adapun trendline indikator sebelumnya yang berhasil ditembus, kini menjadi support terdekat IHSG pada level 7.500, dan support kuat selanjutnya pada level 7.470 sampai dengan 7.450 yang tercermin pada time frame daily.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari dalam negeri. Dewan Gubernur Bank Indonesia sudah memulai pertemuan dua hari untuk memutuskan kebijakan suku bunga acuan, BI-Rate yang akan diumumkan Rabu hari ini.