Logo Bloomberg Technoz

KPPU: Monopoli Pertamina Bikin Harga Avtur di RI 43% Lebih Mahal

Dovana Hasiana
21 August 2024 09:20

Pengisian bahan bakar pesawat jet oleh avtur Pertamina Aviation./dok. Pertamina
Pengisian bahan bakar pesawat jet oleh avtur Pertamina Aviation./dok. Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melaporkan data dari Kementerian Perhubungan yang menunjukkan harga avtur di Indonesia ternyata 22% hingga 43% lebih tinggi dari negara lain akibat monopoli pasokan dari PT Pertamina (Persero). 

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama KPPU Deswin Nur mengatakan hal tersebut mencerminkan pendekatan monopoli oleh Pertamina telah mengakibatkan inefisiensi dalam pembentukan harga avtur.

“Berdasarkan data yang kami peroleh dari Kemenhub, harga avtur Indonesia adalah sekitar 22%—43% lebih tinggi dibandingkan harga avtur di negara lain. Hal menunjukkan monopoli Pertamina telah mengakibatkan inefisiensi yang berakibat tingginya harga avtur di Indonesia dibandingkan dengan harga di luar negeri,” ujar Deswin kepada Bloomberg Technoz, Rabu (21/8/2024).

KPPU beranggapan masuknya badan usaha lain bisa menciptakan persaingan dari sisi harga, kualitas, pelayanan dan purna jual. Dengan demikian, harga avtur yang terbentuk dinilai bakal lebih efisien karena adanya kompetisi. 

Dok: Pertamina

Aturan ESDM