Logo Bloomberg Technoz

Afrika Pastikan Vaksin Mpox Tiba Sebelum Akhir Minggu Depan

News
21 August 2024 07:40

Vaksin cacar monyet. (Envato/YuriArcursPeopleimages)
Vaksin cacar monyet. (Envato/YuriArcursPeopleimages)

Janice Kew - Bloomberg News

Bloomberg, Vaksin cacar monyet (Mpox) diperkirakan akan tiba di Afrika dalam beberapa hari mendatang, setelah badan penasihat kesehatan utama di kawasan itu pekan lalu menyatakan wabah penyakit ini sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat di seluruh benua itu. 

"Vaksin ini akan segera tersedia, mungkin akhir pekan depan," ujar Direktur Jenderal Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika, Jean Kaseya, pada Selasa (20/8/2024).

Penyebaran cacar monyet jenis baru dari Republik Demokratik Kongo telah membuat jumlah kasus di benua ini meningkat menjadi hampir 19.000 kasus dari sekitar 17.500 kasus pada minggu lalu, ujar Kaseya. Dia tidak menjelaskan berapa banyak kasus yang berasal dari jenis clade 1b yang baru.

Afrika telah berurusan dengan cacar monyet sejak tahun 1970-an dengan sedikit perhatian internasional. Namun, meskipun Afrika adalah satu-satunya benua di mana penyakit ini mewabah, benua ini tidak menerima vaksin untuk virus cacar monyet pada tahun 2022 ketika penyakit menular ini menyebar ke seluruh dunia, dan hal yang sama juga terjadi pada pandemi Covid-19.