Logo Bloomberg Technoz

Diabetes tipe 2 adalah bentuk penyakit yang paling umum, mempengaruhi lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia. 

Hasil penelitian memperkirakan bahwa penuaan global dan peningkatan berat badan akan menambah jumlah penderita diabetes dua kali lipat pada tahun 2050.

Lebih dari 107.000 dari 1,97 juta orang dewasa dalam penelitian ini kemudian menderita diabetes setelah 10 tahun. Studi-studi sebelumnya berfokus pada Amerika Serikat dan Eropa, kata Wareham.

Penelitian ini lebih luas daripada kerja sebelumnya karena mencakup data dari Timur Tengah, Amerika Latin dan Asia Selatan, kata Nick Wareham, direktur Medical Research Council Epidemiology Unit di Universitas Cambridge.

Produksi daging global telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir, dengan konsumsi yang melebihi pedoman diet di banyak negara, masih disampaikan studi tersebut.

Diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan. Produsen obat seperti Novo Nordisk A/S dan Eli Lilly & Co telah berinvestasi besar-besaran dalam pengobatan mereka, masing-masing Ozempic dan Mounjaro. Pasien dengan diabetes tipe 2 juga bisa mendapatkan suntikan insulin dan mengonsumsi obat-obatan seperti metformin. 

Meskipun saat ini belum ada obatnya, latihan fisik dan asupan nutrisi yang lebih baik direkomendasikan oleh Program Pencegahan Diabetes Nasional dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (AS).

(bbn)

No more pages