Logo Bloomberg Technoz

Kemudian, Dewan Pembina Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) dan Bali Tourism Board (BTB), Bagus Sudibya, menyatakan Pasar Ubud selama ini digemari banyak wisatawan mancanegara (wisman), terutama dari Amerika, Eropa, Jepang, dan China.

"Pasar Ubud menjadi tujuan awal bagi para pemandu wisata dalam mengantar tamu mereka karena sebagai salah satu daya tarik yang berkaitan dengan kuliner," jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun, mengatakan juga mengupayakan kejadian dengan beberapa langkah indentifikasi.

Pertama, mencoba bagaimana komunikasi transparan, oleh para dinas, kejadian kebakaran dan dampak, langkahnya. 

Kedua menggunakan saluran komunikasi, media sosial, web resmi menenangkan khususnya kepada wisatawan dan masyarakat, pascakebakaran Pasar Ubud sehingga informasi yang mereka terima akurat dan menenangkan.

Ketiga, penyelenggaraan pertunjukan budaya bisa dilaksanakan sehingga wisatawan bisa kembali berkunjung dan menonton. 

Keempat, permodalan bagi dampak yang terkena.

"Kami tentu bekerja sama dengan aparat keamanan untuk melakukan verifikasi keamanan bagi setiap fasilitas umum. Ini adalah langkah-langkah yang kami identifikasi agar Ubud bisa pulih kembali dan citranya semakin baik," jelasnya.

Di sisi lain Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya, berharap agar langkah-langkah tersebut dapat terlaksana dengan baik sehingga pergerakan ekonomi di kawasan tersebut dapat kembali normal.

Menurutnya, Ubud adalah tempat yang menjadi obat bagi lelahnya pikiran dan fisik seseorang, sebagaimana disebutkan dalam buku The Spirit of Bali yang ditulis oleh Hermawan Kertajaya.

"Tidak salah jika sejak tahun 1920-an, Ubud telah menjadi destinasi wisata dunia yang membuat orang ingin datang lagi dan lagi, bahkan sampai menetap," ujarnya.

(dec/spt)

No more pages