Logo Bloomberg Technoz

Pasar Ubud Terbakar, Pemda Bali Relokasi 438 Pedagang

Dinda Decembria
20 August 2024 20:40

Turis asing merekam aktivitas monyet di wisata Monkey Forest, Ubud, Bali, Selasa (2/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Turis asing merekam aktivitas monyet di wisata Monkey Forest, Ubud, Bali, Selasa (2/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), I Wayan Gede Sedana Putra, mengatakan telah mengupayakan dan mengkomunikasikan para pedagang yang terkena dampak dari kebakaran Pasar Seni Ubud yang terjadi belum lama ini.

Menurut Sedana dari 1000 pedagang di Pasar Ubud, sebanyak 438 pedagang yang terdampak akan dipindahkan ke blok bangunan pasar yang berada di area basemen parkir.

"Sembari menunggu proses ini, kami sedang menanti kajian dari tim ahli bangunan gedung PUPR Pemda Gianyar terkait kelayakan bangunan parkir ini untuk dijadikan pasar seni atau pasar pagi sementara," kata Sedana dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (19/8/2024).

Pengunjung yang membawa kendaraan akan diarahkan ke tempat parkir Lapangan Astina, Ubud. Hal ini kata Sedana sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Gianyar.

Menyoal insentif pada para pedagang yang terdampak, Sedana mengaku kini sedang dipertimbangkan bersama tim teknis rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Gianyar.