Logo Bloomberg Technoz

Tak Bahas AD/ART, Jokowi Berpeluang Masuk Dewan Pembina Golkar

Mis Fransiska Dewi
20 August 2024 19:40

Presiden Joko Widodo. (Dok: Dpr.go.id)
Presiden Joko Widodo. (Dok: Dpr.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Umum Golkar, Adies Kadir menyatakan, partainya membuka peluang nama Presiden Joko Widodo masuk dalam Dewan Pembina Partai Golkar. Hal ini lantaran nama-nama dewan pembina tidak dibahas dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai berlambang pohon beringin tersebut. 

“Kalau dewan pembina ini biasanya adalah kader-kader partai Golkar yang sudah senior biasanya. Memang tidak ada eksplisit dalam AD/ART itu apakah boleh orang luar atau tidak itu tidak ada,” kata Adies di sela kegiatan Rapimnas dan Munas XI Golkar, Selasa (20/8/2024). 

Adies menegaskan bahwa sejak dahulu, dewan pembina, dewan pertimbangan, dewan penasehat, hingga dewan pakar Golkar diisi oleh jajaran senior Golkar. 

Terkait nama Jokowi yang disebut bakal menduduki posisi tersebut, Adies mengaku hal itu tidak dilarang namun hingga kini nama Jokowi belum diusulkan sebagai Ketua Dewan Pembina. Dia menegaskan itu akan dibahas lewat munas.

"Kalau tidak ada dalam AD/ART sebenarnya sih boleh-boleh saja, tapi sampai saat ini di arena Rapimnas dan memasuki Munas nama-nama tersebut sama beliau belum beredar, belum ada sampai detik ini belum ada kedengaran," tutur dia.