Logo Bloomberg Technoz

Sandiaga pun optimis bahwa jalan tol terpanjang di Pulau Dewata, yakni proyek Tol Gilimanuk - Mengwi mampu rampung maksimal 2027 mendatang. Selanjutnya, pemerintah akan menggarap tol yang mampu menyambungkan akses ke Bali bagian Utara.

"Dua tahun setengah sampai tiga tahun untuk yang Tol Gilimanuk - Mengwi, tapi yang ke atas (Utara) juga sekitar dua setengah sampai tiga tahun," ucap Sandi.

"Kita harapnya bisa selesai di akhir 2029 (sampai Bali bagian Utara). Tol Gilimanuk - Mengwi itu yang tahun ini akan kita tuntaskan untuk pemilihannya, tapi untuk yang ke Utara ini juga sedang digagas dan diharapkan bisa sebagai proyek yang diprioritaskan juga," sambungnya.

Dengan demikian, Sandi menyebut bahwa setidaknya ada tiga proyek infrastruktur konektivitas yang bakal menghubungkan Bali bagian Selatan dan Utara serta Barat, yakni jalan tol, bandara, dan Moda Raya Terpadu (MRT).

"Pertama, tol. Kedua, Bandara ini menurut saya diputuskan saja (oleh pemerintahan selanjutnya) karena kajiannya sudah lama sekali. Ketiga karena Bali belum ada transportasi berbasis rel, itu mungkin dengan MRT yang sudah digagas," tandas Sandiaga.

(dec/spt)

No more pages