Logo Bloomberg Technoz

Perkembangan Pembangunan Tol Gilimanuk-Mengwi yang Mangkrak

Dinda Decembria
20 August 2024 19:20

Ilustrasi jalan Tol Bali Mandara (Dok. Kementerian PUPR)
Ilustrasi jalan Tol Bali Mandara (Dok. Kementerian PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno bicara mengenai akses tol Gilimanuk- Mengwi yang tak kunjung selesai.

Padahal tol ini digadang-gadang memudahkan akes wisata di Bali terutama Bali Utara. Infrastruktur ini juga berdampak pada akses pergerakan wisatawan agar tidak overturism atau melebihi kapasitas kunjungan turis di Bali selatan.

Akan tetapi pembangunan Tol Gilimanuk - Mengwi di Bali sempat mangkrak sejak 2022 setelah badan usaha jalan tol (BUJT) yakni PT Jagat Kerti Bali mundur dengan alasan tidak bisa melakukan pemenuhan untuk pembiayaan atau financial close.

Dengan hal ini, Sandiaga menjelaskan perbankan bukan membatalkan. Dan terjadinya tidak finance close itu karena dari segi perencanaan,  investor tidak bisa mengumpulkan pendanaan.

"Kita bisa melakukan struktur pendanaan lebih inovatif yang bisa kita harapkan mengatasi permasalahan dana. Saya yakini kalau di tangan investor tepat Mengwi-Gilimanuk bisa terbangun demikian Bali utara," ujar Sandiaga.