Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan lain yang bekerja sama tetapi tidak diambil sampelnya akan dikenakan tarif sebesar 21,3%, sementara semua perusahaan yang tidak bekerja sama akan dikenakan tarif sebesar 36,3%. Tarif ini akan diberlakukan di atas bea 10% yang sudah ada yang saat ini dihadapi oleh eksportir dari China.

Bagi Tesla Inc., tarif sebesar 9% ini merupakan kabar baik karena lebih rendah dibandingkan tarif yang dihadapi oleh produsen lain. Pejabat UE mengatakan bahwa salah satu faktor di balik perhitungan ini adalah karena Beijing tampaknya memberikan subsidi yang lebih sedikit kepada perusahaan milik asing.

Sebagian besar keuntungan yang diterima oleh Tesla adalah dalam bentuk penyediaan baterai dengan harga di bawah nilai pasar, kata pejabat UE. 

Di antara skema lain yang diuntungkan Tesla adalah hak penggunaan lahan, pengurangan pajak penghasilan, dan berbagai bentuk hibah, termasuk subsidi nasional yang diterima semua produsen yang mengekspor, tambah pejabat tersebut.

Para pihak sekarang memiliki waktu 10 hari, hingga 30 Agustus, untuk memberikan komentar dan meminta sidang terkait proposal tersebut. Jika mayoritas anggota negara tidak memblokir langkah-langkah tersebut dalam pemungutan suara yang mengikat, Komisi Eropa akan menerbitkan peraturan akhir tentang tarif tersebut pada 30 Oktober. 

Tarif tersebut kemudian akan berlaku selama lima tahun, dan dapat diperpanjang setelah dilakukan tinjauan.

The EU's Latest Duty Rates for Chinese EVs. (Sumber: Dok. European Commission)

Brussels dan Beijing telah mengadakan pembicaraan selama beberapa bulan terakhir untuk mencari solusi alternatif. UE mengatakan bahwa solusi apa pun harus mematuhi aturan Organisasi Perdagangan Dunia dan menangani masalah subsidi yang mendasarinya.

China mengklaim bahwa langkah-langkah tersebut bersifat proteksionis dan mengancam akan membalas dengan tarif pada berbagai sektor termasuk babi, mobil bermesin besar, dan minuman keras. Beijing juga menantang langkah-langkah tersebut di WTO.

Beberapa negara anggota, termasuk Jerman dan Hongaria, menentang tarif tersebut, tetapi diperlukan mayoritas yang menolak untuk menghentikannya.

UE juga berencana memberikan tarif lebih rendah kepada usaha patungan yang tidak mengekspor selama periode investigasi. Tarif bisa berubah sebelum menjadi definitif, dan meskipun jaminan untuk tarif sementara diperlukan, UE tidak akan memungutnya secara retroaktif.

(bbn)

No more pages