Logo Bloomberg Technoz

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan mpox sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional pada 14 Agustus saat kasus meningkat, sehari setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika (Africa CDC) menyatakan keadaan darurat serupa di seluruh benua untuk pertama kalinya.

Roger juga mengatakan telah terjadi wabah mpox secara teratur di Kongo sejak tahun 1970-an, di mana dua pertiga kasus ditularkan dari hewan ke manusia.

Sekarang negara tersebut melihat lebih banyak penularan dari manusia ke manusia, terutama melalui kontak seksual, melalui versi mutasi virus yang menyebar ke negara-negara lain.

Banyak kasus di Kongo terjadi pada anak-anak di bawah usia 15 tahun dan sekitar 3,4% orang yang terinfeksi penyakit ini meninggal, seringkali karena tidak mendapatkan pengobatan dengan segera.

Mpox di Kongo (Bloomberg)

“Ketika perawatannya baik, sangat sedikit kematian,” katanya. Di provinsi Kivu Selatan di bagian timur Kongo, pusat wabah virus yang bermutasi, tidak ada kematian minggu lalu, katanya.

Kongo memiliki pengalaman melawan mpox dan virus lainnya seperti Ebola, HIV, Covid-19, dan tuberkulosis, menurut Kamba. Negara ini membutuhkan bantuan untuk mendapatkan 3,5 juta dosis vaksin yang diperlukan untuk menghentikan wabah tersebut dan yang mungkin memakan biaya ratusan juta dolar.

Kongo adalah salah satu negara termiskin di dunia, dan konflik jangka panjang di wilayah timurnya telah membuat lebih dari 7 juta orang mengungsi, sehingga meningkatkan kekhawatiran bahwa virus tersebut dapat menyebar di kamp pengungsian.

Pemerintah juga telah mengirim surat kepada aliansi vaksin internasional, Gavi, untuk meminta vaksin, kata Kamba.

(bbn)

No more pages