Logo Bloomberg Technoz

Secara terpisah, rekan terdakwa Lynch dalam kasus HP - mantan VP Autonomy untuk bidang keuangan Stephen Chamberlain - secara fatal ditabrak oleh sebuah mobil pada hari Sabtu ketika sedang berlari, menurut pengacaranya Gary Lincenberg. 

Pada hari Senin, penjaga pantai Italia memimpin operasi pencarian dan penyelamatan. Mereka sudah menemukan 15 orang, kata manajer kapal pesiar berlayar sepanjang 56 meter, Camper & Nicholsons. Ada 12 tamu dan 10 kru di kapal tersebut. 

Orang-orang yang hilang itu berasal dari Inggris, Amerika, dan Kanada, menurut pernyataan penjaga pantai.

Para penyelam khusus dikerahkan untuk mencari para korban di dalam kapal, yang tenggelam saat badai dahsyat dan sekarang berada di kedalaman 50 meter di bawah air, kata petugas pemadam kebakaran.

Bos Teknologi Mike Lynch. (Dok: Bloomberg)

“Kapal pesiar itu sedang berlabuh dan tidak sedang berlayar, sejauh yang kami ketahui,” kata juru bicara Camper & Nicholsons.

Bacares terdaftar sebagai pemilik entitas yang memiliki Bayesian, menurut pengajuan pada bulan April di kantor pendaftaran Jersey.

Sebab Yaacht Bayesian Tenggelam

Italia dilanda sekitar 100 tornado per tahun, menurut AtmosphericG2, sebuah perusahaan yang menyediakan data cuaca untuk para pedagang. Rata-rata, lebih dari 70 di antaranya merupakan “semburan laut”, yang terjadi di lepas pantai, dan 30 lainnya di daratan.

Seorang bernama Charlotte Golunski menyelamatkan bayinya yang berusia satu tahun dari tenggelam dengan menggendongnya di atas ombak, menurut surat kabar Italia, La Repubblica.

Golunksi adalah seorang mitra di Invoke Capital - sebuah perusahaan investasi yang didirikan oleh Lynch - menurut sebuah halaman di platform media sosial LinkedIn. 

“Saya menahannya mengapung dengan segenap kekuatan saya, tangan saya terentang ke atas untuk menjaganya agar tidak tenggelam,” surat kabar tersebut mengutip perkataan Golunksi. “Begitu banyak orang yang berteriak. Untungnya, sekoci itu mengembang dan 11 orang dari kami berhasil menaikinya.”

Badan Investigasi Kecelakaan Laut Inggris mengerahkan tim yang terdiri dari empat inspektur ke Palermo, Italia, untuk melakukan penilaian awal terhadap tenggelamnya kapal Bayesian, kata MAIB dalam sebuah pernyataan. 

“Kami memberikan dukungan konsuler kepada sejumlah warga negara Inggris dan keluarga mereka menyusul insiden di Sisilia,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris.

Siapakah Mike Lynch?

Lynch, yang pernah menjadi penasihat dua perdana menteri Inggris, mendirikan Autonomy pada tahun 1996. Perusahaan ini mengembangkan perangkat software untuk mengekstrak informasi yang berguna dari sumber-sumber yang tidak terstruktur, termasuk panggilan telepon, email, dan video.

Segera setelah mengakuisisi Autonomy, HP menuliskan nilai bisnisnya sebesar US$8,8 miliar dan pertempuran hukum yang berkepanjangan pun terjadi. 

Lynch kalah dalam persidangan perdata di London terkait kesepakatan tersebut pada tahun 2022 dan diekstradisi ke AS, di mana ia diadili di pengadilan federal San Francisco. Juri memutuskan bahwa dia tidak bersalah atas semua tuduhan pada awal Juni.

Setelah penjualan Autonomy, Lynch mendirikan perusahaan modal ventura Invoke Capital, mendirikan banyak perusahaan teknologi yang dijalankan oleh mantan karyawannya. Yang tersukses adalah Darktrace, bisnis keamanan siber yang menggunakan AI untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan dalam jaringan TI perusahaan.

(bbn)

No more pages