Logo Bloomberg Technoz

Dicecar 21 Pertanyaan, Hasto Bantah Terlibat Korupsi DJKA

Muhammad Fikri
20 August 2024 17:20

Ilustrasi Hasto Kristiyanto dan Tessa Mahardhika Sugiarto (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Hasto Kristiyanto dan Tessa Mahardhika Sugiarto (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto membantah terlibat dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di Lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. Hal ini disampaikan saat dia menjalani pemeriksaan sebagai saksi selama 4,5 jam di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut dia, penyidik KPK mengajukan sekitar 21 pertanyaan yang mempertanyakan hubungan politikus PDIP tersebut dengan beberapa tersangka pada kasus DJKA.

“Tidak ada aliran dana ya, jadi tidak ada aliran dana. Tidak ada pertanyaan terkait aliran dana.” kata Hasto usai jalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (20/8/2024)

Menurut dia, penyidik memang mempersoalkan adanya nomor telepon pribadi Hasto pada ponsel tersangka korupsi DJKA yaitu mantan Direktur Prasarana Perkeretaapian, Harno Trimadi; dan Direktur PT Istana Putra Agung, Dion Renato Sugiato. Dia mengklaim sama sekali tak pernah menerima uang dari para tersangka.

Hasto pun mengklaim tak mengetahui jika ada tersangka DJKA yang pernah memberikan sumbangan kepada rumah aspirasi pemenangan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin pada Pilkada 2019.