Logo Bloomberg Technoz

"Jadi ini yang selalu menjadi perdebatan ya. Saya melihat bahwa destinasi kita ini akan semakin banyak diminati," tambah Sandi.

"Jika kita terus mempromosi, berpromosi, dan menyebar informasi namun yang kita tarik ini adalah bukan banyak-banyakan kuantitas tapi semakin tinggi kualitasnya. Jadi visa ini tentunya akan menarik wisatawan," tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah mengubah desain Paspor dari yang semula berwarna hijau kebiruan menjadi warna merah dan putih. Paspor terbaru juga dilengkapi motif 33 kain nusantara untuk desain lembaran kertas di dalamnya.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM resmi meluncurkan desain dan warna paspor terbaru itu bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Sabtu, 17 Agustus 2024. Paspor dengan desain baru akan mulai berlaku tahun depan, tepatnya pada 17 Agustus 2025.

"Warna merah dan putih identik dengan Indonesia dan membawa semangat perjuangan. Ini melambangkan simbol pemersatu bangsa, kehormatan dan sejarah perjuangan bangsa, keberanian dan kesucian," ujar Dirjen Imigrasi Silmy Karim.

(dec/spt)

No more pages