Logo Bloomberg Technoz

Sandiaga Soal Desain Baru Paspor RI: Reputasi Makin Meningkat

Dinda Decembria
20 August 2024 15:50

Paspor Merah Indonesia (Dok. Ditjen Imigrasi)
Paspor Merah Indonesia (Dok. Ditjen Imigrasi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menilai desain paspor baru RI yang bisa memberikan semangat baru. Selain itu ia percaya bahwa dengan pembaruan desain ini bisa menaikkan reputasi Indonesia di mata dunia.

"Mudah-mudahan dengan posisi Indonesia sebagai negara ekonomi nomor 16 terbesar di dunia, capaian-capaian kita yang sangat membanggakan, prestasi Indonesia yang terus meningkat, pertumbuhan dari beberapa matriks termasuk juga level tourism development index ini akan semakin memperkuat," kata Sandiaga di Kantor Kemenparekraf.

Sandiaga juga menjelaskan bahwa ada beberapa aspek penilaian dunia terhadap bebas visa suatu negara. Mulai dari stabilitas ekonomi, politik, keamanan, dan lainnya.

"Kan biasanya masalah visa dari negara lain, terus kekuatan paspor itu diukur dari reputasi sebuah negara. Nah ini kan Indonesia reputasinya sudah dalam 20 tahun terakhir pasca reformasi kita stabilitas ekonomi, stabilitas politik, terus stabilitas keamanan dan kita juga destinasi wisata yang unggulan, ini yang memperkuat posisi Indonesia yang secara korelatif juga akan memperkuat indeks paspor kita," ujar Sandi.

Ia juga menjawab kekhawatiran terkait apakah destinasi wisata lokal akan ditinggalkan jika banyak negara memberikan bebas visa ke Indonesia.