Logo Bloomberg Technoz

Ambil contoh, Kementerian PANRB menyediakan 61 posisi CPNS untuk tahun 2024 dengan mulai pendaftaran di link https://sscasn.bkn.go.id hari ini, Selasa (20/8/2024). 

Pendaftar wajib mengunggah dokumen persyaratan sebelum dinyatakan lolos administrasi dan melakukan serangkaian ujian. Siapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK.

Syarat  usia yang perlu diperhatikan juga adalah minimal 18 tahun hingga 35 tahun dengan status kewarganegaraan WNI.  Selain itu siap ditempatkan di seluruh wilayah, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN)

Cara membuat akun di Portal SSCASN 2024 bisa cek [klik] di sini.

CPNS adalah pengabdian hingga KemenPAN RB mempersyaratkan untuk tidak pindah minimal 10 tahun sejak menjadi PNS. Seleksi CPNS 2024 di kementerian lembaga dinyatakan gratis atau tidak dipungut biaya.

“Pelamar wajib memiliki kualifikasi pendidikan dan kompetensi yang dibutuhkan dengan menunjukkan sertifikasi keahlian tertentu sesuai dengan persyaratan jabatan. Pelamar juga tidak terlibat dalam organisasi kemasyarakatan yang dinyatakan terlarang oleh pemerintah,” dinyatakan KemenPAN RB.

Dokumen untuk CPNS 2024 yang harus dipenuhi:

  1. KTP
  2. Ijazah asli
  3. Transkrip nilai asli
  4. Surat akreditasi perguruan tinggi
  5. Foto dengan latar berwarna merah
  6. Riwayat hidup (CV)
  7. Sertifikasi TOEFL/IELTS
  8. Dokumen pendukung lain (untuk posisi tertentu)

Penyelenggaran seleksi CPNS 2024 nasional menyatakan total ada 250.407 posisi dibuka. Peminat akan berebut menjadi aparatur negara di 69 lembaga pemerintah tingkat pusat dan 478 tingkat daerah.

Dalam persiapan pendaftaran hingga seleksi penting membaca dan memahami petujuk teknis dalam sistem seleksi CPNS 2024.

Kursi yang tersedia oleh instansi pemerintah dapat dicek dari masing masing Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D), meski BKN juga menyediakannya melalui fitur pencarian informasi.

Beberapa instansi yang membuka seleksi penerimaan CPNS 2024 beserta link yang dapat diakses:

  1. Kementerian Agama: casn.kemenag.go.id
  2. Komisi Pemberantasan Korupsi: rekrutmen.kpk.go.id
  3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: cpns.kemenkumham.go.id
  4.  Kementerian Perhubungan: cpns.dephub.go.id
  5. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral: casn.esdm.go.id
  6. Mahkamah Agung: rekrutmen.mahkamahagung.go.id
  7. Kejaksaan RI: biropeg.kejaksaan.go.id/pengumuman/cpns
  8. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: cpns.kemdikbud.go.id
  9. Kementerian Pertanian: casn.pertanian.go.id
  10. Badan Riset dan Inovasi Nasional: casn.brin.go.id
  11. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan: casn.menhlk.go.id
  12. Kementerian Kesehatan: casn.kemkes.go.id
  13. Badan Pengawas Obat dan Makanan: casn.pom.go.id


BKN bersama instansi pemerintah lain berkolaborasi dalam kepanitiaan seleksi nasional (panselnas), diantaranya Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) selaku penyedia materai elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pihak yang memastikan keamanan sistem, BRIN memonitor infrastruktur, dan BAKTI Kominfo mendukung infrastruktur akses dan penyediaan jaringan data.

Juga Dukcapil Kemendagri selaku penyedia data kependudukan dimana BKN akan menggelar inteoperabiltias data calon pelamar CPNS 2024. "Tujuannya agar data pelamar melalui portal SSCASN dapat terverifikasi secara sistem sesuai data kependudukan yang tercatat di Dukcapil Kemendagri," kata Wakil Kepala BKN Haryomo Dwi Purtanto, dilansir Selasa. 

(red)

No more pages