Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu saham infrastruktur, PT LinkNet Tbk (LINK) berhasil menguat 6,61%, saham PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) melesat 2,72%, dan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melejit 1,71%.

Gerak Saham ARTO pada Selasa 20 Agustus 2024 (Bloomberg)

Pada saham-saham unggulan LQ45 juga tercatat melesat tinggi, adapun saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) kenaikannya mencapai 6,22%, disusul oleh saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) melesat 3,87%, dan saham PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) menguat 3,42%.

Disusul oleh penguatan saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) yang melonjak 3,36%, saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM) meningkat 2,31%, dan juga PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) terbang 1,87%.

Secara teknikal IHSG berpotensi terus melanjutkan trend penguatannya, dengan terkonfirmasi breakout resistance kuat di 7.500, yang saat ini membentuk support terbaru di 7.470.

Untuk resistance selanjutnya ada level 7.530 sampai dengan 7.550 yang jadi target paling optimis. Sementara apabila IHSG gagal, terdapat support kuat pada level 7.450 di time frame daily-nya.

Penguatan IHSG didukung penuh oleh hasrat investor asing yang gencar mencatatkan Net Buy masif di perdagangan baru-baru ini. Mengacu data BEI pada pekan kemarin, investor asing membukukan posisi beli bersih mencapai Rp3 triliun pada perdagangan 12–16 Agustus, dan yang terbaru pada Senin ini menyentuh Rp599 miliar.

Dari dalam negeri, pelaku pasar juga menanti keputusan Bank Sentral Indonesia dalam Rapat Dewan Gubernur BI pada 20–21 Agustus dan akan mengumumkan hasil rapat pada esok hari, terkait dengan kebijakan dan pernyataan perihal suku bunga acuan BI-Rate.

Adapun sejumlah 36 Analis/ Ekonom yang dihimpun oleh Bloomberg sampai dengan siang hari ini, memperkirakan BI akan tetap mempertahankan BI-Rate, tidak berubah dari 6,25%. Dari 36 prediksi, hanya ada dua ekonom yang memprediksi BI akan memangkas suku bunga acuan esok sebesar 25 bps. 

(fad/hps)

No more pages