Logo Bloomberg Technoz

Luhut: Niat RI Bikin Avtur Jelantah & CPO Diadang Isu Deforestasi

Dovana Hasiana
20 August 2024 12:20

Sampel bioavtur atau bahan bakar bio jet./Bloomberg-Dhiraj Singh
Sampel bioavtur atau bahan bakar bio jet./Bloomberg-Dhiraj Singh

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tidak menampik upaya Indonesia mengembangkan avtur ramah lingkungan berbasis minyak kelapa sawit kerap digunjing isu seputar deforestasi dari berbagai lembaga.

Menurut Luhut, Indonesia memiliki dua pilihan dalam pengembangan bioavtur atau sustainable aviation fuel (SAF), yakni melalui minyak jelantah hingga minyak kelapa sawit.

Pertama, kata Luhut, pengembangan SAF melalui minyak jelantah dimungkinkan karena selama ini Indonesia masih mengekspor minyak jelantah ke Singapura dan Malaysia.

“Jadi kita terpikir, kita punya 2 pilihan, kita [kenakan] pajak atau tarik bea keluar [minyak jelantah] atau kita bikin industri di sini,” ujar Luhut saat ditemui usai agenda konferensi pers Bali International Airshow, Senin (19/8/2024) petang.

Bioavtur atau sustainable aviation fuel (SAF)./Bloomberg-Lauryn Ishak

Kedua, pengembangan minyak kelapa sawit menjadi bioavtur. Namun, Luhut mengatakan hal tersebut mendapatkan pertentangan karena dianggap upaya tersebut bakal menyebabkan deforestasi.