Logo Bloomberg Technoz

KPK OTT Walikota Bandung Yana Mulyana, Sejumlah Uang Disita

Krizia Putri Kinanti
15 April 2023 08:43

Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/4). Pihak yang ditangkap adalah penyelenggara negara, termasuk Walikota Bandung, Yana Mulyana.

“Benar KPK telah melakukan giat tangkap tangan di wilayah Bandung sejak Jumat sore kemarin. Kami telah mengamankan beberapa orang yang merupakan Penyelenggara negara Salah satu nya Walikota Bandung,” ujar Wakil Ketua KPK Nurul Gufron, Sabtu (15/4/2023).

Hal ini diduga karena adanya tindak pidana korupsi berupa suap dari pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kota Bandung terkait CCTV dan jaringan internet pada program Smart City Kota Bandung.

“Sejumlah uang yang masih kami hitung karena menyebar kebeberapa pihak. Sementara ini kami masih masih melengkapi pemeriksaan agar terang dugaan TPK yang terjadi selanjutnya kami akan rilis dalam waktu segera,” terangnya.

Selain Yana Mulyana, KPK juga menjaring delapan orang lain dalam OTT tersebut. Ada pejabat Dinas Perhubungan (Dishub) hingga pihak swasta.