Logo Bloomberg Technoz

Tentara Korut Membelot ke Korsel, Seberangi Perbatasan Militer

Redaksi
20 August 2024 12:00

Ilustrasi perbatasan negara Korea Utara dan Korea Selatan.(dok Bloomberg)
Ilustrasi perbatasan negara Korea Utara dan Korea Selatan.(dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Seorang tentara Korea Utara (Korut) membelot ke Korea Selatan (Korsel) pada Selasa (20/8/2024) pagi, menyeberangi perbatasan militer di bagian timur semenanjung Korea. Demikian dilaporkan kantor berita Yonhap, mengutip pernyataan militer Korea Selatan.

Melansir Reuters, tentara tersebut menyeberang ke wilayah Goseong di pantai timur yang berbatasan dengan Korea Utara dan ditahan oleh pasukan Korea Selatan yang telah memantau pergerakannya. 

Seorang pejabat kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa pihak militer telah menahan seorang warga Korea Utara di perbatasan bagian timur dan pihak berwenang tengah mempertanyakan motif penyeberangan tersebut.

Pejabat tersebut menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut. Yonhap melaporkan tentara Korea Utara tersebut berpangkat sersan.

Seorang warga Korea Utara membelot ke Korea Selatan pada awal bulan ini di pantai barat. Pembelotan oleh warga Korea Utara melintasi perbatasan dianggap berisiko dan relatif jarang terjadi dan sebagian besar pelarian pergi ke Korea Selatan melalui China atau negara ketiga lainnya.