Logo Bloomberg Technoz

Telkom (TLKM) Beber Potensi dan Valuasi Data Center TDE

Sultan Ibnu Affan
20 August 2024 11:30

gedung Telkom. (dok perusahaan)
gedung Telkom. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom membeberkan potensi dan valuasi lini bisnis anak usahanya dalam bidang data center PT Telkom Data Ekosistem atau NeutraDC, seiring dengan rencana ekspansi perseroan.

Meski baru memulai kurang dari 3 tahun, Direktur Group Bussines Development Telkom Honesti Basyir mengatakan, perseroan optimistis bisnis tersebut memiliki potensi besar dalam jangka panjang.

Secara valuasi, bisnis data center jauh lebih tinggi ketimbang lini bisnis telekomunikasi, yang tecermin dari indikator pengukuran profit EBITDA multiple perseroan.

"Biasanya, EBITDA multiple industri Telekomunikasi berada di kisaran 5 kali–6 kali. Sementara itu, rata-rata valuasi industri data center bisa mencapai 20 kali–25 kali EBITDA multiple, bahkan ada yang nyentuh 30 kali–40 kali EBITDA multiple," ujar Honesti di Jakarta, dikutip Selasa (20/8/2024).

Gedung Telkom Hub ( Dok telkomsat.co.id )

Selain itu, kata dia, bisnis data center Telkom saat ini juga telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, yang tecermin dalam raihan keuntungan perusahaan saat ini mencapai hampir 30% kurang dari 3 tahun.